Thursday, May 16, 2019

Manfaat Air Rebusan Kunyit untuk Kecantikan


Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bahan masakan maupun pengobatan herbal, khususnya di Asia. Pasalnya, kunyit memiliki banyak kandungan berkhasiat, seperti kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin dan desmetoksikumin. Selain itu, kunyit juga memiliki banyak kandungan vitamin C. Karena kandungan-kandungan tersebut lah, kunyit sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam pernyakit seperti alergi, bisul, campak, muntaber, hingga kanker. Namun tahukah Anda bahwa ada manfaat air rebusan kunyit untuk kecantikan? Yap! Selain berguna sebagai bumbu masakan dan obat tradisional, kunyit juga memiliki beberapa manfaan untuk kecantikan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut manfaat kunyit untuk kecantikan :


  • Mengatasi Kulit Berminyak



Kulit berminyak tentunya menjadi suatu masalah yang dialami oleh banyak orang. Jika Anda memiliki masalah kulit berminyak, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan kunyit. Hal tersebut disebabkan karena, kunyit dapat mengontrol kelebihan produksi minyak dan sebum di pori-pori Anda. Caranya adalah, dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan air jeruk nipis atau air lemon, kemudian aplikasikan ke keluruh bagian wajah Anda layaknya menggunakan masker. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Kecantikan


  • Mengobati Jerawat



Selain dapat mengatasi kulit berminyak, kunyit juga dapat mengatasi jerawat di kulit. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan kunyit bubuk atau 3 sendok makan air rebusan kunyit, kemudian campurkan dengan satu sendok makan yogurt dan madu. Aduk semua bahan tersebut hingga menjadi pasta kental, kemudian aplikasikan ke seluruh bagian wajah Anda seperti menggunakan masker. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.


  • Mengangkat Sel Kulit Mati



Kunyit juga dapat Anda gunakan untuk eksfoliasi atau mengangkat sel-sel di kulit Anda yang sudah mati. Hal tersebut disebabkan karena, kunyit dapat membantu mengelupaskan sel kulit mati secara lembut, sehingga tidak akan mengiritasi kulit. Caranya adalah, dengan membuat scrub dari campuran bubuk kunyit dengan tepung chickpea (gram/ kacang arab/ kacang garbanzo), lalu usapkan pada wajah secara lembut dengan gerakan melingkar. Setelah selesai, bilas wajah Anda hingga bersih.


  • Mengatasi Warna Kulit yang Tidak Rata



Kunyit memiliki efek antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi warna kulit tidak rata akibat paparan sinar matahari. Caranya adalah, cukup dengan mengoleskan campuran bubuk kunyit dengan jus timun, kemudian diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga warna kulit Anda kembali seperti semula.

https://lingshenyao.id/obat-kista-endometriosis/
Disqus Comments