Sunday, May 26, 2019

Manfaat Konsumsi Air Jahe Bagi Kesehatan


Jahe (Zingiber officinale) merupakan akar tumbuhan yang selama ribuan tahun dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jahe memiliki manfaat anti-radang dan anti-inflamasi sehingga sangat dipercara sebagai media pengobatan herbal. Selain digunakan sebagai bumbu masakan atau diolah menjadi jamu, jahe juga dapat diminum airnya untuk mengatasi berbagai keluhan yang dirasakan. Berikut ini beberapa manfaat air jahe untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui :


  • Menghilangkan Rasa Mual



Jahe memang kerap digunakan banyak orang sebagai penghilang rasa mual, dan pencegah mabuk laut. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah, termasuk yang diakibatkan oleh kemoterapi, efek samping pemulihan setelah operasi, serta akibat kehamilan atau morning sickness.

Baca Juga : Manfaat Kacang Hijau untuk Diet

  • Meredakan Rasa Nyeri


Selain sebagai penghilang rasa mual, jahe juga kerap digunakan sebagai obat alami untuk meredakan rasa nyeri. Hal tersebut disebabkan karena, jahe memiliki kandungan senyawa kimia, yakni gingerol dan fenol, yang memiliki sifat anti nyeri yang dapat meredakan rasa sakit di tubuh. Kedua senyawa tersebut dapat Anda gunakan untuk meredakan nyeri akibat kram, menstruasi, iritasi lambung, hingga nyeri otot setelah olahraga.

Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa, terapi tambahan dengan mengonsumsi air jahe dapat mengatasi gejala migrain lebih baik dibandingkan dengan hanya meminum obat pereda nyeri saja.


  • Mengendalikan Kadar Gula Darah



Jahe telah dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes. Hal tersebut diperkuat dengan sebuah penelitian dari Iran, yang menemukan bahwa jahe dapat menurunkan gula darah puasa, serta kadar HbA1c dalam darah.

Selain itu, sifat anti-radang yang dimiliki jahe juga dapat membantu mencegah komplikasi akibat penyakit diabetes, seperti retinopati, penyakit jantung, dan stroke. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, manfaat air jahe akan lebih terasa jika dicampur dengan bubuk kayu manis.


  • Mengurangi Risiko Penyakit Kronis



Selain memiliki sifat anti-radang dan anti-inflamasi, jahe juga merupakan tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal tersebut berpotensi melindungi tubuh Anda dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas menyerang tubuh melalui lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, asap rokok, polusi, ozon, radiasi, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Radikal bebas memiliki berbagai dampak yang buruk untuk kesehatan, seperti menyebabkan tumor, kanker, gangguan penglihatan, penyakit jantung, serta gangguan saraf, hingga menyebabkan penuaan dini. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, mengonsumsi air jahe dapat mencegah gagal ginjal.

https://lingshenyao.id/obat-endometriosis-alami/
Disqus Comments