Monday, May 13, 2019

Cara Ampuh Mnegatasi Ketiak Gatal


Pernahkah Anda merasa gatal di area ketiak Anda? Hal tersebut pastinya sangat menganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman karena ingin selalu menggaruknya. Salah satu penyebab ketiak gatal adalah munculnya ruam pada kulit ketiak yang membuatnya terlihat putih, bersisik, atau bergelombang juga disertai warna kemerahan. Rasa gatal yang di alami dapat berlangsung selama beberapa jam atau bahkan hingga beberapa bulan. Jika ruam yang terdapat di kulit ketiak membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, maka hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh kondisi kulit atau gaya hidup Anda, sedangkan ruam yang muncul akibat kondisi cuaca cenderung lebih mudah hilang. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara mengatasi ketiak gatal. Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini cara mengatasi ketiak yang gatal :


  • Jangan Digaruk



Rasa gatal di ketiak yang terkadang tak tertahankan pastinya membuat Anda ingin selalu menggaruknya. Namun, nyatanya hal tersebut merupakan pantangan yang tidak seharusnya dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena, gesekan kuku dengan kulit justru akan membuat rasa gatal semakin parah. Selain itu, apabila Anda menggaruk bagian yang gatal tanpa henti, kulit ketiak akan menjadi lecet dan mengakibatkan timbulnya rasa perih. Alih-alih menggaruk, sebaiknya Anda tepuk-tepuk dengan lembut bagian ketiak yang gatal.


  • Kompres dengan Es Batu



Ketiak gatal yang disebabkan oleh iritasi dapat diatasi secara alami dengan menggunakan es batu. Caranya adalah, kompres bagian ketiak yang gatal dengan es batu. Selain dapat mengurangi rasa gatal, es batu dapat membuat Anda lebih rileks dan tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh. 


  • Menggunakan Irisan Lemon



Selain es batu, bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal di ketiak adalah lemon. Irisan lemon yang di letakkan pada bagian ketiak yang gatal akan membantu untuk membasmi jamur-jamur yang menumpuk di ketiak. Iris lemon dengan ukuran kecil. Selain itu, lemon juga dapat dijadikan sebagai deodoran alami yang dapat mengatasi jamur pada ketiak.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Kecantikan


  • Gunakan Pakaian yang Tepat dan Bersih



Bahan pakaian yang tidak nyaman di tubuh Anda kerap membuat kulit, terutama kulit ketiak Anda terasa gatal. Kondisi tersebut bisanya sering dialami oleh orang-orang dengan eksim atau janur di kulit. Gesekan antara kulit denan pakaian dapat menimbulkan sensasi gatal pada kulit ketiak, apalagi jika pakaian yang Anda gunakan tidak dicuci. Hal tersebut mebuat risiko terjadinya gatal di ketiak lebih besar.


  • Konsultasikan Pada Dokter



Jika berbagai cara untuk mengatasi gatal pada ketiak sudah dilakukan namun tidak cukup ampuh, maka sebaiknya Anda segera konsultasikan pada dokter. Dengan berkonsultasi Anda akan mengetahui penyebab gatal di ketiak Anda, serta mendapatkan pengobatan alternatif lainnya.

https://lingshenyao.id/haid-tidak-teratur/
Disqus Comments