Wednesday, May 22, 2019

Penyebab Sering Kentut


Berbahayakah apabila sering kentut? Kentut atau gas tentunya merupakan suatu hal yang normal. Kentut juga diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Kentut adalah gas yang terdapat di dalam saluran pencernaan yang dibuang melalui anus. Kentut terjadi ketika adanya kelebihan gas pada saluran pencernaan bagian atas yang dapat diakibatkan oleh banyak hal, seperti mengunyah permen karet, atau akibat mengonsumsi makanan tertentu. Namun, jika kentut terlalu sering bisa jadi mengganggu sistem pencernaan Anda, dan membuat perut terasa tidak nyaman. Normalnya, seseorang dapat buang gas hingga 10 kali dalam sehari. Akan tetapi, jika kentut lebih dari itu, maka bisa jadi merupakan tanda adanya suatu penyakit.

Berikut ini hal-hal yang menyebabkan seseorang menjadi sering kentut :


  • Menelan Udara Terlalu Banyak



Ketika makan atau minum, secara tidak langsung Anda juga menelan udara. Hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, ketika Anda menelannya dalam jumlah berlebihan, maka hal tersebut dapat menyebabkan perut kembung, yang kemudian akan menyebabkan terjadinya sendawa. Tak hanya itu, menelan terlalu banyak menelan angin juga menyebabkan Anda sering kentut. Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa hal, seperti merokok, mengunyah permen karet, minum minuman bersoda atau berkarbonisasi, dan makan terlalu cepat. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan gas berlebihan di saluran pencernaan Anda.


  • Konsumsi Makanan Tertentu



Konsumsi makanan tertentu juga dapat menjadi salah satu penyebab Anda sering kentut. Beberapa makanan tersebut antara lain, kacang-kacangan, plum, apel, brokoli, kubis, dan kismis. Sebenarnya, makanan-makanan yang telah disebutkan tadi memang menyehatkan, tetapi dapat membuat gas yang berlebihan di saluran pencernaan Anda. Hal tersebut disebabkan karena, makanan-makanan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna, sehingga dapat memicu keseringan buang angin yang berbau tidak sedap.

Beberapa makanan memang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh, sehingga makanan tersebut akan dibawa ke usus besar tanpa dicerna dengan sempurna. Hal tersebut menyebabkan bakteri yang ada di usus besar mengurai makanan tersebut, dan kemudian mengeluarkan gas. Jika pencernaan Anda sedang bermasalah, sebaiknya hindari makanan yang tinggi fruktosa atau sorbitol.


  • Kondisi Kesehatan Tertentu



Selain dua kondisi diatas, kondisi kesehatan tertentu juga dapat menjadi pemicu terjadinya kentut berlebihan. Kondisi tersebut antara lain adalah, adanya infeksi yang akibat virus yang menyerang perut atau usus (gastroenteritis), intoleransi makanan, sembelit, sindrom iritasi usus, dan juga penyakit seliac. Hal tersebut bisa saja menjadi pemicu yang menyebabkan Anda sering kentut, walaupun kasus seperti ini jarang terjadi.

Baca Juga : Cara Mudah untuk Mengatasi Sembelit

https://lingshenyao.id/obat-kanker-rahim/
Disqus Comments