Thursday, May 23, 2019

Bahaya Penyakit Wasir Apabila Tidak Diobati


Ambeien atau yang juga dikenal dengan wasir adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan pembuluh darah di anus atau di bagian bawah rektum. Penyebabnya adalah akibat mengenjan terlalu keras ketika buang air besar, diare, sembelit kronis, berlama-lama duduk di toilet, kehamilan, sering mengangkat beban berat, penuaan, dan batuk kronis.

Penyakit wasir ini memang bukan penyakit yang ganas seperti kanker, namun tidak jarang dianggap sebagai kondisi yang ringan. Padahal, ambeien bisa jadi berbahaya apabila tidak segera ditangani dan akan mengganggu aktivitas serta kondisi kesehatan dalam jangka panjang. Bahaya penyakit wasir yang tidak diobati antara lain dapat memicu terjadinya anemia yang membuat penderitanya merasa lemas, lelah, hingga sesak napas. Selain itu, bahaya wasir juga dapat menghambat pasokan oksigen ke area anus, dan juga membuat jaringan di sekitar anus mati.

Biasanya, penyakit wasir seringkali tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, jika sudah terbentuk gumpalan darah, penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit. Gejala umum yang kerap dialami penderita wasir antara lain adalah berupa gatal di sekitar anus, nyeri saat duduk dan buang air besar, terdapat benjolan di sekitar anus, serta munculnya darah dari rektum yang disertai rasa sakit.

Penyakit ini terdiri dari dua jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Ambeien internal, biasanya terdapat di bagian dalam anus, sehingga tidak dapat dilihat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Ambeien internal biasanya ditandai dengan terjadinta pendarahan ketika buang air besar. 

Sedangkan ambeien eksternal terletak di bawah kulit di area anus. Ambeien ini merupakan jenis ambeien yang dapat menimbulkan rasa sakit. Hal ini disebabkan karena, bagian lubang anus memiliki banyak serabut saraf sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri.

Kondisi Berbahaya Akibat Ambeien


Penyakit Ambeien yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan dampak berbahaya, seperti :
  • Pendarahan.
  • Darah yang menggumpal, sehingga terjadi pembengkakkan pembuluh darah
  • Memicu terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah, terutama pada penderita ambeien kronis
  • Ambeien strangulata, yang merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika pembengkakan menyumbat suplai oksigen ke ambeien yang telah prolaps (muncul keluar dari rektum). Jika kondisi tersebut dibiarkan terus-menerus, maka akan menyebabkan jaringan di sekitar anus mati. Ambeien strangulata bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat menyakitkan, bahkan hingga membutuhkan tindakan operasi untuk mengatasinya.
Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk menghindarkan diri dari bahaya ambeien. Anda dapat mencegah penyakit ini denan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, serta menghindari penggunaan obat-obatan yang menyebabkan sembelit. 


Disqus Comments