Tuesday, April 16, 2019

Cara yang Bisa Anda lakukan untuk Mempertajam Kinerja Otak


Salah satu sifat alami semua manusia adalah lupa. Banyak orang yang mudah lupa akan hal-hal kecil yang bahkan baru saja mereka lakukan, seperti lupa menaruh kunci, lupa mematikan lampu dan masih banyak lagi. Sebaiknya, hal tersebut tidak dibiasakan dan tidak dibiarkan terjadi secara terus menerus. Hal tersebut disebabkan karena, fungsi kognitif otak akan memperlihatkan tanda-tanda terjadinya perlambatan kira-kira pada usia 45 hingga 49 tahun. Maka dari itu, untuk mencegah penurunan fungsi otak Anda perlu melakukan latihan-latihan yang dapat mempertajam fungsi otak.

Berikut tips mempertajam kinerja otak yang perlu Anda coba :

  • Olahraga


Dalam kasus ini, olahraga yang dimaksud bukan olahraga berat seperti angkat beban, akan tetapi olahraga ringan seperti jalan kaki selama15 menit, 3 kali dalam seminggu. Hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak hingga 15% dan membuat Anda lebih fokus dalam suatu kerjaan. Selain jalan santai, olahraga aerobik juga dapat membantu menaikan kinerja otak hingga 25%. Pada dasarnya, olahraga bukan hanya meningkatkan kebugaran tubuh dan  pertumbuhan sel-sel baru di otak, akan tetapi juga membuat lebih banyak darah dan oksigen yang mengalir ke otak sehingga dapat membuat Anda lebih cerdas. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi stres, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan mengatasi depresi.

  • Mengisi Teka-Teki Silang


Orang-orang yang sering mengisi teka-teki silang dipercaya akan memiliki otak 10 tahun lebih muda dibandingkan usianya saat ini. Teka-teki silang merupakan permainan yang mengasah otak dan sudah terbukti dapat meningkatkan kinerja otak, sehingga memperlambat kepikunan. Selain teka-teki silang masih banyak permainan yang mengasah otak, beberapa diantaranya adalah scrabble, bingo dan sudoku. Permainan-permainan tersebut akan menguji konsentrasi, ketelitian dan kecepatan dalam menyelesaikan suatu masalah. Hal tersebutlah yang membuat kinerja otak meningkat.

  • Tidur Siang


Anda mungkin pernah mendengar pernyataan yang mengatakan bahwa tidur siang dapat meningkatkan IQ seseorang. Ya! Hal tersebut memang benar adanya. Tidur siang dapat meningkatkan kapasitas otak Anda. Hal tersebut disebabkan karena, ketika tidur siang terjadi aktifitas memindahkan informasi dari hipokampus ke penyimpanan memori yang lebih permanen (korteks). Ketika Anda bangun, maka hipokampus siap menerima lebih banyak informasi. Selain itu, tidur siang juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif dan efisiensi kerja.

  • Sarapan


Pemilihan menu sarapan yang tepat, seperti sereal, buah-buahan atau yoghurt juga dapat meningkatkan kinerja otak Anda.

Baca Juga : Beberapa Makanan Ini dapat Memicu Rematik

  • Menulis dengan Tangan


Menulis dengan tangan ternyata dapat meningkatkan fungsi otak, gerakan aktif tangan ketika menulis lebih mudah diingat dibandingkan dengan mengetik. Menulis dengan tangan juga dapat mengoordinasikan otak kanan dan otak kiri, meningkatkan kreatifitas dan memori.

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/
Disqus Comments