Sunday, April 7, 2019

Gejala yang Dirasakan Penderita GERD


Semua hal yang berhubungan dengan rasa sakit di perut, seperti mulas, mual, dan perut kembung kerap dianggap sebagai kondisi naiknya asam lambung. Meskipun benar, namun penyebab sakit perut tidak hanya disebabkan oleh asam lambung naik, sakit perut bisa juga disebabkan oleh GERD. Sakit perut akibat GERD, berbeda dengan sakit perut akibat refluks asam lambung.

Refluks asam lambung (refluks gastroesofagus) merupakan suatu kondisi dimana adanya aliran balik cairan asam dari lambung menuju kerongkongan (esofagus). Dalam kondisi normal, asam lambung merupakan bagian pergerakan dalam sistem pencernaan, sehingga refluks asam lambung tidak dikatakan sebagai penyakit. Sedangkan GERD merupakan kelanjutan dari refluks asam lambung. Jika refluks asam lambung sering kali terjadi, maka kondisi tersebut mungkin sudah berkembang menjadi GERD.

Selain menyebabkan sakit perut, penyakit GERD juga menimbulkan beberapa gejala. Berikut gejala GERD yang perlu Anda ketahui :

  • Heartburn


Heartburn merupakan gejala GERD yang paling umum. Heartburn menimbulkan rasa terbakar dan rasa tidak nyaman pada dada tengah bagian bawah. Kondisi tersebut akan lebih terasa ketika selesai makan. Penderita bahkan bisa sampai membungkuk hingga berbaring untuk mencoba meredakan gejala yang satu ini. 

  • Mulut Terasa Asam atau Pahit


Naiknya asam lambung, akan membuat cairan asam pada lambung menyebar ke bagian belakang tenggorokan (faring), sehingga mulut akan terasa asam atau pahit seperti akan tersedak atau muntah (refluks). Gejala ini, biasanya datang pada malam hari ketika tubuh Anda dalam posisi berbaring. Hal tersebut terjadi akibat mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, mengonsumsi makanan pedas dan makan yang tidak tepat waktu. Gejala ini dapat diatasi dengan mengonsumsi obat asam lambung.

  • Sakit Tenggorokan


Sama halnya seperti gejala flu, penyakit GERD juga dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit. Perbedaannya adalah, gejala flu biasanya disertai dengan demam, pusing dan batuk-batu, sedangkan sakit tenggorokan yang merupakan gejala GERD, tidak disertai dengan gejala lainnya.

  • Sulit Menelan


Asam lambung yang naik secara terus-menerus dapat menyebabkan tenggorokan luka, sehingga memicu munculnya jaringan parut atau pembengkakan yang menyebabkan penyempitan kerongkongan. Hal tersebut dapat menyebabkan penderita GERD kesulitan dan merasakan nyeri saat menelan.

  • Mual dan Muntah


Mual dan muntah dapat disebabkan oleh rasa nyeri yang berat pada lambung dan ulu hati. Gejala ini akan lebih terasa saat setelah makan.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/
Disqus Comments