Monday, April 29, 2019

Penyebab Menularnya Virus HIV


HIV dan AIDS  merupakan dua hal yang berbeda, akan tetapi keduanya saling berkaitan. Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyebabkan penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). HIV dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang secara drastis, sehingga bakteri, virus, dan infeksi lainnya akan lebih mudah menyerang tubuh pengidapnya. HIV juga menyerang dan menghancurkan sel CD4 yang memiliki peran untuk melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh kesulitan melawan infeksi dan kanker yang berhubungan dengan HIV.

Berikut ini, faktor penyebab HIV beserta cara penularannya :


  • Hubungan Intim



HIV dapat menular ketika cairan dari vagina ataupun sperma dari orang yang terinfeksi virus ini masuk kedalam tubuh orang lainnya. Infeksi HIV dapat terjadi ketika melakukan hubungan intim melalui anal (dubur). Selain itu, HIV juga dapat menular melalui seks oral, meskipun hal tersebut jarang terjadi. Penularan HIV melalui seks oral hanya akan terjadi apabila terdapat luka menganga di mulut penderita, seperti sariawan atau gusi berdarah.


  • Berbagi jarum Suntik



Menggunakan jarum suntik secara bergantian dengan penderita HIV, dapat meningkatkan risiko menularnya virus tersebut. Contoh penggunaan jarum suntik ini misalnya ketika menggunakan narkoba, zat adiktif (NAPZA) dan psikotropika. Tak hanya itu, penyuntikan obat, hormon atau steroid pun juga bisa jadi terinfeksi HIV apabila jarum suntik digunakan secara bergantian. Hal tersebut disebabkan karena, terdapat darah pada jarum suntik dari pengguna sebelumnya yang terinfeksi HIV.


  • Transfusi Darah



Darah merupakan salah satu media yang dapat menularkan virus HIV. Virus tersebut dapat menular ketika seseorang mendapat donor darah dari penderita HIV.


  • Transplantasi Organ Tubuh



Transplantasi organ tubuh memang merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Namun, transplantasi organ memiliki risiko yang tinggi dalam penularan HIV. Hal tersebut disebabkan karena, bisa jadi penerima donor mendapatkan organ dari orang yang sebelumnya terinfeksi virus HIV, sehinggaa pertukaran cairan pada organ tersebut dapat menyebabkan inveksi virus HIV.


  • Alat Tato



Bagi Anda yang ingin menggunakan tato di tubuh Anda, sebaiknya lebih cermat dalam memilih tempat tato yang bekualitas. Tak hanya itu, pastikan juga bahwa orang yang akan menggambarkan atau memasangkan tato di tubuh Anda menggunakan alat yang steril. Hal tersebut disebabkan karena, alat tato yang digunakan secara bergantian bisa saja terinfeksi virus HIV, sehingga risiko Anda tertular pun semakin tinggi.

Baca Juga : Perbedaan Mual Saat Hamil dan Saat Maag

https://lingshenyao.id/obat-endometriosis-herbal/
Disqus Comments