Sunday, April 28, 2019

4 Penyebab Biduran


Biduran (urtikaria) merupakan suatu kondisi dimana terjadinya reaksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bilur (bentol yang menyebar) berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur tersebut dapat muncul di satu bagian tubuh saja atau menyebar ke bagian tubuh yang lain. Ukuran dan bentuk dari bilur pun berbeda-beda, mulai dari beberapa millimeter hingga sebesar ukuran tangan. Penyebab biduran yang paling utama adalah alergi.

Selain gatal, bentol yang menyebar di permukaan kulit pada saat biduran juga bisa terasa perih, dan dapat muncul di seluruh bagian tubuh termasuk wajah, bibir, lidah, telingan dan tenggorokan. Gejala biduran dapat berlangsung selama beberapa jam hingga berhari-hari.

Agar lebih jelas lagi, berikut beberapa penyebab biduran yang perlu Anda ketahui :


  • Alergi Makanan



Biduran dapat disebabkan oleh alergi, diantaranya alergi makanan atau minuman tertentu, seperti telur, buah beri, kacang tanah atau kerang. Bentol merah ketika biduran dapat muncul sesaat setelah Anda mengonsumsi makanan pemicu alergi , namun ada juga yang mengalaminya dalam waktu beberapa jam setelah mengonsumsi makanan pemicu alergi. Selain itu, biduran juga dapat disebabkan oleh beberapa makanan tambahan, seperti pengawet dan pewarna makanan. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari makanan pemicu alergi. Namun, apabila sudah terlanjur segera periksakan ke dokter agar dapat segera ditangani.


  • Berkeringat



Pada dasarnya, keringat memang tidak menyebabkanrasa gatal, tetapi tubuh yang berkeringat menandakan tubuh sedang mengalami kenaikan suhu. Bagi beberapa orang , kenaikan suhu tersebut dapat memicu timbulnya rasa gatal. Ketika dalam kondisi berkeringat, tubuh memproduksi asetilkolin, yang merupakan bahan kimia yang menghambaat pemecahan sel.  Asetilkolin tersebut dapat mengganggu perkembangan sel-sel di kulit sehingga menyebabkan iritasi dan memicu timbulnya ruam di permukaan kulit.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kehamilan yang Harus Diketahui oleh Wanita


  • Faktor Udara



Munculnya bentol-bentol, ruam atau biduran akibat gigtan serangga atau paparan serbuk sari merupakan hal umum yang sudah diketahui. Namun, jarang disadari bahwa penyebab biduran adalah paparan sinar matahari, angin kencang atau suhu yang rendah. Hal tersebut menandakan bahwa tubuh Anda lebih sensitif akan berbagai cuaca diluar ruangan.


  • Tanda Adanya Penyakit



Perlu Anda ketahui, bahwa biduran ternyata bukan hanya sekedar bentol-bentol yang disertai rasa gatal di kulit. Pasalnya, biduran juga bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Penderita penyakit HIV, he[atitis, limfoma, lupus , dan penyakit tiroid mengalami gejala gata-gatal yang mirip dengan biduran. Namun, biduran yang tergolong kronis dapat diatasi denga menggunakan obat-obatan.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/
Disqus Comments