Wednesday, April 3, 2019

Bagaimakah Cara Penularan Penyakit Lupus?


Penularan Penyakit Lupus. Lupus merupakan suatu jenis penyakit autoimun yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan mengalami peradangan . Apabila tingkatnya sudah kronis maka akan mengakibatkan kekeliruan pada sistem imun di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena, sistem imun di dalam tubuh tidak dapat membedakan antara jaringan tubuh yang baik dengan jaringan asing atau zat asing yang berbahaya bagi tubuh. Akibatnya, sistem imun yang seharusnya melindungi tubuh, justru berbalik menjadi menyerang bagian tubuh itu sendiri.

Ada beberapa jenis penyakit kupus yang perlu Anda ketahui. Antara lain :

  • Lupus Akibat Pemakaian Obat


Pemakaian Obat, terutama obat-obatan kimia tentunya akan menimbulkan berbagai efek samping yang dialami oleh penggunanya. Terdapat banyak obat-obatan yang dapat menimbulkan efek samping seperti gejala lupus pada beberapa penggunanya dan ketika penggunaan obat tersebut berhenti, maka efek samping obat tersebut pun akan hilang. Jika gejala lupus yang Anda alami diakibatkan oleh obat yang Anda konsumsi, maka gejala lupus akan sembuh ketika Anda berhenti mengonsumsi obat tersebut.

  • Lupus Eritematosus Diskoid


Lupus Eritematosus Diskoid, merupakan jenis penyakit lupus yang berfokus menyerang kulit. Meskipun begitu, lupus jenis ini tidak hanya menyerang bagian kulit saja, melainkan juga menyerang bagian tubuh lain. Untuk penderita lupus jenis ini, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, paparan obat-obatan pun sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah, yang mengakibatkan terjadinya pitak permanen. Gejala yang ditimbulkan berupa munculnya ruam bulat berwarna merah yang menyerupai sisik pada kulit yang dapat menebal dan meninggalkan bekas.

  • Lupus Eritematosus Sistemik


Lupus Eritematosus Sistemik merupakan jenis lupus yang paling umum diderita. Lupus jenis inilah yang mampu menyerang organ dan jaringan tubuh manapun. Akibat dari serangan tersebut bisa jadi ringan dan bisa jadi serius atau parah. Gejala dari penyakit ini pun sering kali muncul secara tiba-tiba. Biasanya, penderita akan mengalami beberapa gejala awal yang cukup ringan, namun dalam jangka waktu yang sangat lama. Akan tetapi, ada juga beberapa orang yang tidak mengalami gejala sama sekali sebelum akhirnya terjadi serangan yang parah.

  • Penularan Penyakit Lupus


Apakah penyakit lupus menular? Kalau iya, bagaimana cara penularan penyakit lupus? Penyakit lupus bukanlah suatu penyakit seperti Ebola maupun AIDS yang dapat menular. Hal ini disebabkan karena, penyakit lupus terjadi karena beberapa faktor, seperti penggunaan obat-obatan, keturunan, kelainan gen, lingkungan dan gaya hidup.

Baca Juga : Cara Penularan Hiv yang Harus di Ketahui

Kemungkinan penularan penyakit lupus adalah, adanya infeksi virus di dalam tubuh. Sekitar 80% penderita penyakit lupus menderita penyakit ini akibat adanya virus rubella dan virus sitomegalovirus. Jika kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat, maka Anda akan terhindar dari penyakit ini.

Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir apabila Anda tinggal satu rumah atau bahkan bersentuhan dengan penderita lupus, karena penyakit tersebut bukanlah penyakit yang dapat menular.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista/
Disqus Comments