Sunday, April 14, 2019

Makanan Pemicu Radang Tenggorokan


Radang tenggorokan atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah faringitis streptokokus, merupakan suatu infeksi yang terjadi pada tenggorokan yang diakibatkan oleh bakteri, virus atau reaksi alergi. Gejala yang ditimbulkan dari radang tenggorokan adalah, sakit di tengoorokan, sakit atau kesulitan menelan, pembesaran kelenjar getah bening di leher, demam, pembesaran amandel dan bercak kemerahan di langit-langit mulut.. Meskipun begitu, radang tenggorokan sering dianggap remeh oleh penderitanya. Padahal penyakit ini akan sangat menganggu aktifitas makan Anda serta dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan, seperti infeksi teliinga, demam rheumatik, streptokokus toxic shock syndrome, radang ginjal hingga sinusitis. Makanan bisa menjadi faktor utama dari terjadinya radang tenggorokan. Dalam artikel ini kita akan membahas makanan penyebab radang tenggorokan.

Berikut ini, makanan yang dapat menyebabkan terjadinya  radang tenggorokoan, yang perlu Anda ketahui :

  • Makanan Pedas


Sebagian dari masyarak Indonesia menyukai makanan pedas. Namun, nyatanya makanan pedas merupakan salah satu pemicu terjadinya radang tenggorokan. Makanan pedas yang terbuat dari bubuk cabai, saus pedas, kari, pala, lada dan juga cengkeh dapat membuat radang tenggorokan Anda semakin menjadi. Jika memang Anda sangat ingin mengonsumsi makanan pedas, maka sebaiknya Anda mengganti bahannya dengan jahe dan bawang putih. Hal tersebut disebabkan karena, jahe dan bawang putih berkhasiat dalam mengurangi sakit tenggorokkan dan pilek. Selain itu, jahe dan bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah masuk angin.

  • Makanan Asam


Selain makanan pedas, makanan yang mengandung zat asam juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Hal tersebut disebabkan karena, zat asam pada makanan dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan terjadinya peradangan. Contoh zat asam tersebut adalah, cuka, asam jawa, zat asam yang terdapat pada aneka jeruk dan acar. Maka dari itu, hendaknya Anda mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat asam, serta perbanyak konsumsi makanan atau minuman yang sifatnya melegakan tenggorokan.

  • Makanan Kering


Makanan kering cenderung lebih sulit ditelan, sehingga tak jarang makanan kering seperti kacang-kacangan, biskuit, gorengan dan aneka keripik dapat menimbulkan rasa sakit di tenggorokan. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang lembut dan memiliki banyak kandungan air agar radang di tenggorokan tidak semakin parah.

  • Makanan Berminyak


Makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, baik dalam kondisi sehat maupun tidak sehat. Hal tersebut disebabkan karena, makanan yang mengandung banyak minyak akan berdampak buruk untuk tenggorokan Anda. Selain itu, makanan berminyak juga memicu munculnya kolesterol jahat, penyakit jantung, jerawat, obesitas dan penyakit lainnya.

Baca Juga : 6 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/
Disqus Comments