Monday, April 1, 2019

Beberapa Makanan yang Dapat Menyebabkan Kolik Pada Bayi


Gejala kolik sering ditemukan pada bayi yang baru lahir. Lantas Apa itu kolik? Kolik merupakan suatu kondisi yang menyebabkan bayi menangis secara terus-menerus tanpa adanya penyebab. Kondisi tersebut tentunya bukan suatu masalah yang dapat membahayakan bayi, akan tetapi bayi yang mengalami kolik sering kali mengangis hingga lebih dari 3 jam selama sehari. Hal tersebut terjadi selama 3 hari dalam seminggu bahkan hingga berminggu-minggu. Berbagai cara yang Anda lakukan untuk menenangkan bayi pun, tidak bisa membuat bayi yang mengalami kolik berhenti mengangis.

Jangka waktu terjadinya kolik relatif pendek, yaitu dalam waktu mingguan atau bulanan dan setelah itu kolik akan berhenti. Kolik tentunya akan menyulitkan dan membuat orang tua bayi khawatir. Akan tetapi perlu Anda ketahui, kolik juga dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh Ibu menyusi. Berikut makanan penyebab kolik pada bayi :

  • Minuman Ber-Kafein


Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan coklat juga beberapa jenis minuman berenergi atau minuman dalam kemasan, sebaiknya dihindari oleh para Ibu yang tengah menyusui. Pasalnya, kafein yang dikonsumsi dapat berpindah ke tubuh bayi melalui ASI. Apabila bayi sensitif terhadap kafein, maka dapat membuat bayi merasa tidak nyaman hingga terjadi kolik.

  • Produk Olahan Susu


Makanan yag merupakan olahan dari susu, seperti yoghurt dan keju juga merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh Ibu menyusui. Hal tersebut disebabkan karena, makanan tersebut dapat memicu aergi dalam tubuh bayi, sehingga menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan terjadinya kolik.

  • Makanan Pedas


Makanan pedas juga merupakan makanan yang perlu dihindari oleh Ibu menyusui, karena makanan pedas akan sulit dicerna oleh bayi, sehingga dapat menyebabkan kolik.

  • Alkohol


Perlu di ingat, bahwasannya bayi akan meminum apapun yang Ibunya minum. Maka dari itu, hindarilah konsumsi alkohol ketika Anda tengah menyusui. Selain buruk untuk kesehatan Ibu dan bayi, Alkohol juga dapat memicu kolik pada bayi.

  • Bawang Merah


Jika Anda tengah menyusui, kurangilah penggunaan bawang merah sebagai bahan masakan. Hal ini disebabkan karena, bawang merah akan sulit dicerna dalam tubuh bayi. Akan tetapi penggunaan bawang putih masih diperbolehkan, karena bawang putih dapat meningkatkan produksi ASI dan menjaga imunitas tubuh.

  • Sayuran Tertentu


Sayuran yang mengandung serat tinggi, seperti kubis, brokoli, kembang kol dan lobak membutuhkan waktu untuk dicerna. Hal tersebut dapat menyababkan penumpukan gas dalam tubuh bayi, terutama jika sayuran tersebut dimasak setengah matang.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kanker-herbal-ling-shen-yao/
Disqus Comments