Wednesday, April 17, 2019

4 Fakta Mengejutkan Tentang Darah Manusia


Darah merupakan komponen yang terpenting bagi setiap makhluk hidup. Oksigen diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah, nutrisi yang masuk kedalam tubuh diserap dari darah kemudian dibagikan ke seluruh bagian tubuh. Tanpa adanya darah, manusia akan mati dengan cepat. Hal tersebut menunjukan bahwa penyakit yang menyangkut darah selalu memiliki risiko besar yang menyebabkan manusia meinggal dunia.

Selain darah sebagai komponen terpenting bagi manusia, darah juga memiliki beberapa fakta unik yang tidak semua orang menngetahuinya. Apa saja itu? Berikut fakta mengejutkan tentang darah manusia yang perlu Anda ketahui :

  • Jumlah Volume Darah Anak dan Orang Dewasa Sama


Tubuh orang dewasa yang sehat rata-rata memiliki darah sekitar 4-5 liter. Ketika Anda kekurangan darah, dapat menyebabkan Anda kehilangan berat badan seritar 8 hingga 10 persen dari total berat badan Anda. Selain itu, Anda mungkin beranggapan bahwa volume darah anak-anak dengan orang dewasa berbeda. Namun faktanya, jumlah volume darah antara anak-anak dengan orang dewasa sebenarnya sama. Akan tetapi, karena tubuh anak-anak relatif lebih kecil dibandingkan orang dewasa, maka volume ciran yang mengisi tubuh orang dewasa tampak lebih banyak.

Baca Juga : Penyebab Muntah Darah Karena Maag Dan Cara Mengatasinya

  • Darah Berfungsi Sebagai Alat Transportasi


Cairan merah ini juga yang menyebabkan tubuh Anda dapat bekerja secara normal. Fungsi darah dudalam tubuh adalah sebagai alat transportasi yang bertugas mengangkut nutrisi, hormon, oksigen dan berbagai senyawa penting lainnya ke bagian tubuh yang membutuhkan. Disaat yang sama, darah juga bertugas untuk mengangkut zat sisa yang sudah tidak terpakai lagi ke sistem ekskresi atau organ pembuangan, seperti ginjal, paru-paru dan hati.

  • Ada Emas di Darah Manusia


Apakan Anda pernah mendengar bahwa terdapat emas dalam darah manusia? Fakta ini memang cukup mengejutkan. Pada dasarnya darah manusia memiliki berbagai jenis komponen, yaitu sel darah merah, sel darah putih dan plasma darah. Tak hanya itu, ada juga hemoglobin yang dapat meningkatkan oksigen hingga dan mengedarkannya ke seluruh tubuh di setiap saat. Selai itu, para ilmuwan meneliti kembali kandungan darah manusia dan menemukan fakta bahwa dalam setiap tubuh orang dewasa yang sehat, terdapat sekitar 0,2 mg emas murni.

  • Terdapat Beberapa Jenis Darah Manusia


Anda pastinya telah mengetahui bahwa setiap orang memiliki golongan darah yang tidak selalu sama. Perbedaan golongan darah disebabkan oleh ada atau tidaknya antigen pada erosit dan cairan plasma.Antigen sendiri dikelompokan kedalam delapan golongan darah dasar, yaitu golongan darah A, B, AB dan O.Golongan darah tersebut juga dapat menunjukan apakan dia positif atau negatif.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/
Disqus Comments