Wednesday, April 10, 2019

Tips Memilih Sereal yang Baik untuk Kesehatan


Sereal merupakan salah satu menu sarapan yang mudah dan praktis, sehingga sangat cocok apabila Anda sedang terburu-buru. Meskipun begitu, penting untuk Anda tahu bahwa tidak semua sereal baik untuk kesehatan. Sereal yang mengandung banyak gula dan kalori, justru akan membuat Anda mudah merasa lapar dan malah membuat gemuk. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sereal untuk menu sarapan, Anda perlu memilih mana sereal yang cocok dan tentunya juga menyehatkan. Berikut ini cara memilih sereal yang baik :

  • Pilih Sereal Rendah Gula


Sereal yang baik adalah sereal yang rendah gula. Mengonsumsi sereal yang mengandung banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 2, kolesterol, peyakit jantung dan kanker dimasa tua nanti. Maka dari itu, anda perlu berhati-hati karena, ada produk sereal yang pada kemasannya terpampang tulisan "rendah gula", akan tetapi ternyata sereal tersebut mengandung gula tersembunyi. Sebisa mungkin hindari produk sereal yang mengandung 10 gram gula atau lebih, karena selain dapat meningkatkan gula darah juga dapat membuat Anda jadi cepat lapar.

Baca Juga : 4 Makanan Pantangan Sakit Encok

  • Pilih Sereal yang Kaya akan Vitamin dan Mineral


Anda harus memperhatikan betul-betul bahwa sereal yang akan Anda konsumsi memiliki kandungan vitamin dan mineral yang di butuhkan tubuh. Karena saat ini,masih ada produk sereal yang tidak memiliki kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Kebanyakan sereal yang sudah diolah dengan proses yang panjang akan kehilangan nutrisi pentingnya. Maka dari itu, Anda harus lebih jeli dalam memilih sereal. Periksa kemasan dan cari tahu abel "fortifikasi". Jika ada, itu artinya serel tersebut telah ditambahkan dengan sejumlah vitamin dan mineral. Sereal yang baik, adalah sereal yang mengandung vitamin C, vitamin D, kalsium dan  asam folat.

  • Pilih Sereal yang Terbuat dari Gandum Utuh


Terdapat beberapa produk sereal yang tidak mengandung gandum utuh, melainkan sudah dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti tepung terigu atau tepung beras. Sereal yang baik adalah sereal yang terbuat dari 100% bahan alami (biji-bijian). Gandum utuh sangat bermanfaat untuk kesehatan, lantaran kandungan yang terdapat di dalamya, seperti serat, antioksidan, vitamin dan mineral. Selain itu, gandum utuh juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung dan kolesterol serta membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama.

  • Batasi Sodium

Perhatikan kandungan sodium sebelum Anda membeli sereal. Kebanyakan orang mengonsumsi sereal dalam porsi yang banyak agar terasa lebih kenyang. Walaupun hal tersebut dapat mencukupi asupan kalori, tetapi tubuh Anda bisa mengalami kelebihan sodium. Pasalnya, 1 porsi sereal mengandung 200 mg sodium, belum lagi sodium yang terkandung dalam susu yang dicampurkan ketika Anda mengonsumsi sereal. Maka dari itu, batasi penggunaan sodium, yaitu kurang dari 240 mg. 

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/
Disqus Comments