Thursday, March 7, 2019

Tanda-Tanda Kehamilan yang Harus Diketahui oleh Wanita


Adanya kehamilan memang merupakan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para orang tua, khususnya untuk pasangan yang baru menikah. Namun, kebanyakan para wanita menandai datangnya kehamilan hanya dilihat dari satu sisi, yaitu ketika telatnya menstruasi. Hal tersebut memang benar, faktanya telat menstruasi memang merupakan salah satu tanda datangnya kehamilan. Akan tetapi, masih banyak tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui.

Berikut ini tanda-tanda kehamilan yang perlu anda ketahui :

  • Perubahan pada Payudara


Meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron pada awal kehamilan akan membuat payudara anda terlihat lebih besar dari biasanya. Selain membesar, payudara juga akan terasa lebih lembut sehingga rasa sensitif lebih tinggi. Payudara akan terasa nyeri apabila disentuh. Tak hanya itu, tanda-tanda kehamilan juga ditunjukkan dengan puting payudara yang membesar, warnanya yang semakin gelap dan terkadang terasa gatal. Pembuluh vena pada payudara pun akan terlihat karena penegangan payudara.

  • Pendarahan pada Vagina


Pendarahan implantasi yang terjadi akibat munculnya bercak darah dari vagina juga merupakan salah satu dari tanda-tanda awal kehamilan. Pendarahan ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Kondisi seperti ini, biasanya tidak akan berlangsung lama dan terjadi di waktu yang bersamaan dengan menstruasi anda. Yang membedakannya adalah, pendarahan implantasi lebih ringan dibandingkan dengan menstruasi.

Baca Juga : Pertanda Keluar Flek Coklat Pada Miss V

  • Kram Perut


Pada saat awal kehamilan, biasanya wanita mengalami kram ringan pada area rahim. Hal ini tentunya kerap membuat wanita bingung, pasalnya kram pada perut juga merupakan tanda-tanda akan datangnya menstruasi.

  • Sering Buang Air Kecil


Tanda-tanda awal kehamilan yang selanjutnya adalah, seringnya buang air kecil. Hal ini terjadi setelah terlambatnya menstruasi selama satu hingga dua minggu. Seringnya buang air kecil ini disebabkan karena janin yang tumbuh di dalam rahim menekan kandung kemih yang mengakibatkan adanya peningkatan sirkulasi darah. Dalam kondisi ini, kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine sehingga buang air kecil menjadi lebih sering. Selain itu, seringnya buang air kecil jua dipengaruhi oleh hormon kehamilan.

  • Pusing dan Sakit Kepala


Pusing dan sakit kepala juga bisa jadi merupakan tanda awal kehamilan. Hal ini disebabkan karena kehamilan menyebabkan melebarnya pembuluh darah dan tekanan darah menurun. Sehingga akan membuat anda sering merasa pusing dan sakit kepala ketika lelah dan lapar.

  • Sembelit


Perubahan hormon yang terjadi ketika awal kehamilan membuat kinerja sistem pencernaan anda menjadi lambat. Hal ini tentunya akan membuat anda kesulitan saat membuang air besar sehingga menyebabkan terjadinya sembelit.

  • Perubahan Mood


Perubahan mood yang dialami wanita pada awal kehamilan disebabkan oleh meluapnya jumlah hormon di dalam tubuh. Hal ini biasanya membuat wanita menjadi lebih cenngeng dan emosional. Perubahan suasana hati juaga merupakan hal normal yang dialami wanita dalam awal masa kehamilannya.

https://lingshenyao.id/infeksi-kantung-kemih/
Disqus Comments