Sunday, March 24, 2019

Rematik pada Lansia yang Harus Kamu Tahu


Rheumatoid arthritis atau yang lebih dikenal dengan nama rematik, merupakan suatu penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Rematik dapat menyebabkan rasa nyeri pada beberapa bigian sendi di tubuh Anda. Diantaranya sendi di kedua tangan, pergelangan tangan dan lutut. Rematik dapat menyerang siapa saja. Akan tetapi, rematik pada lansia merupakan yang paling banyak dibicarakan. Semakin tua, maka fungsi tubuh pun akan semakin menurun termasuk fungsi sendi. Hal tersebutlah yang membuat rematik lebih banyak terapat pada lansia. Rematik kerap menyebabkan Anda kesulitan untuk bergerak, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagi Anda yang mempunyai rematik khususnya lansia, penting bagi Anda untuk melakukan pengobatan untuk meredakan gejala rematik. 

Rematik mungkin tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Akan tetapi, Anda dapat mengendalikan gejalanya. Berikut ini cara untuk mengatasi gejala rematik pada lansia :

Baca Juga : Ciri-ciri Orang Terkena Rematik

  • Meredakan Gejala Rematik dengan Obat-Obatan


Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati rematik pada lansia, pada umumnya sama dengan obat yang digunakan untuk mengobati rematik pada orang dengan usia lainnya. Obat- obatan tersebut antara lain adalah :

- Obat Anti-radang nonsteroid. Obat ini berfungsi untuk meredakan sendi yang bengkak, kaku dan nyeri. Akan tetapi, obat ini dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jantung dan ginjal, lebih baik Anda meminta pendapat dokter terlebih dahulu.

- Obat Kortikosteroid. Obat ini juga dapat mengatasi gejala rematik. Akan tetapi, jika dikonsumsi dengan dosis tinggi dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Maka dari itu, konsumsilah obat ini dengan dosis yang lebih rendah.

- Obat Anti-rematik modifikasi penyakit. Obat ini dapat mengobati rematik dalam jangka panjang. Obat ini juga membantu meredakan gejala rematik dan mendegah kerusakan permanen pada sendi. Bagi Anda yang memiliki masalah pada ginjal dan paru-paru lebih baik berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini.

  • Banyak Beristirahat dan Olahraga


Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, istirahat yang cukup dan olahraga teratur juga merupakan cara untuk mengatasi rematik pada lansia. Apabila gejala rematik mulai terasa, sebaiknya Anda tidak banyak bergerak dan mengistirahatkan sendi Anda. Jika sudah membaik, Anda dapat melakukan olahraga untuk menguatkan otot Anda. Cukup dengan melakukan ohahraga, ringan seperti jalan santai dan berenang.

  • Melakukan Operasi


Apabila kerusakan pada sendi sudah sangat parah, maka operasi menjadi salah satu jalan yang dapat membantu untuk mengobati rematik yang Anda derita. Sebelum melakukan operasi, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/
Disqus Comments