Sunday, March 10, 2019

Perbedaan GERD dan Maag yang Harus Anda Ketahui


Sebagian besar orang awam masih belum mengetahui perbedaan GERD dan maag karena gejala yang dialami hampir sama. Pada dasarnaya, kedua penyakit tersebut adalah berbeda. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut untuk mengetahui perbedaan antara Gerd dan maag.

Apa Itu Gerd?

GERD mepupakan singkatan dari Gastro-oesophageal Reflux Disease, penyakit ini juga dikenal dengan penyakit asam lambung. GERD terjadi karena meningkatnya jumlah asam lambung sehingga mengalir ke kerongkongan (esofagus). Hal tersebut menyebabkan rasa nyeri serta panas pada bagian dada dan tenggorokan.

Apa Itu Maag?

Maag sebenarnya bukanlah sebuah nama penyakit. Maag hanyalah sebuah istilah yang digunakan oleh orang awam untuk menggambarkan gangguan pencernaan yang di alaminya, seperti sakit perut, dada terasa nyeri dan terbakar, mual, muntah, mulut terasa asam dan kembung. Maka dari itu, perlu anda ketahui bahwa maag bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala yang menandakan adanya suatu penyakit tertentu.

GERD sendiri merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan adanya maag. Selain GERD, penyakit lain yang ditandai dengan adanya maag adalah tukak lambung. Tukak lambung merupakan suatu peradangan yang terdapat pada lambung, usus atau kerongkongan. Apabila dibiarkan terus menerus, maag dapat berubah menjadi maag kronis dan dapat menandakan kanker perut, meskipun kasus tersebut bisa dibilang langka.

Baca Juga : Ketahui Ciri Ciri Sakit Maag Kronis (Dapat Menyebabkan Kematian)

Apa Penyebab GERD?

Beberapa faktor yang memicu terjadinya GERD adalah, sebagai berikut :
  • Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Tidur setelah makan (sebaiknya beri jeda 2-3 jam antara makan dengan tidur)
  • Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein (seperti kopi, teh dan coklat)
  • Makan terlalu banyak
  • Sering mengonsumsi makanan yang mengandung peppermint 

Apa Penyabab Maag?

Beberapa faktor yang memicu terjadinya maag adalah, sebagai berikut :
  • Stress atau terlalu lelah
  • Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur
  • Merokok dan mengonsumsi minuman keras
  • Kelebihan berat badan (obesitas)
  • Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan berlemak tinggi
Itulah penjelasan menganai perbedaan antara GERD dengan maag. Tentunya sekarang anda jadi mengetahui bahwa GERD dan maag merupakan penyakit yang berbeda dan penyebabnya pun berbeda. Akan tetapi, kedua penyakit tersebut bisa diatasi dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Maka dari itu, mulailah melakukan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.
Disqus Comments