Sunday, March 31, 2019

Ini Dia Penyebab Kaki Dingin di Siang Hari


Kaki dingin merupakan salah satu reaksi normal dari tubuh, saat berada di suatu tempat yang dingin. Saat itu, pembuluh darah di beberapa bagian tubuh, seperti pada tangan dan kaki akan menyempit. Kondisi tersebut, meyebabkan aliran darah pada tangan dan kaki berkurang, sehingga jumlah panas di tubuh pun menghilang. 

Lantas Pernahkah Anda merasakan dingin pada kaki di siang hari, padahal suhu tidak dalam keadaan dingin? Kaki yang terasa dingin pada suhu yang juga dingin merupakan suatu keadaan normal, dan penyebabnya pun bersifat sementara. Akan tetapi, Kaki yang terasa dingin pada suhu yang panas merupakan pertanda adanya kondisi kesehatan yang cukup serius. Berikut ini penyebab kaki dingin di siang hari :

  • Sirkulasi yang Buruk


Sirkulasi yang buruk merupakan salah satu penyebab dari kaki dingin yang paling umum. Sirkulasi yang buruk dapat menyulitkan aliran darah yang hangat untuk sampai ke tangan dan kaki. Hal tersebut disebabkan karena, bagian tubuh tersebut terletak jauh dari organ inti pemompa darah, yakni jantung. Akibatnya, tangan dan kaki akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

  • Anemia


Anemia merupakan suatu kondisi, dimana jumlah sel darah merah yang akan disebarkan ke seluruh tubuh berada dibawah normal. Umumnya, penyebab anemia adalah kekurangan zat besi, folat, vitamin B12 atau penyakit ginjal kronis.

Jumlah sel darah yang menurun, menyebabkan sel darah merah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh menurun. Kaki dan tangan berada pada dareah yang paling jauh dari organ pemompa darah, sehingga aliran darah pada bagian ini pun berkurang. Hal tersebut, tak jarang membuat penderita anemia merasakan kaki dingin, walaupun suhu dalam keadaan normal.

  • Diabetes


Jika Anda memiliki riwayat diabetes, maka Anda berisiko untuk terkena masalah kaki dingin. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, tingginya kadar gula dalam darah,  menyebabkan terjadinya penyempitan arteri. Arteri yang menyempit mengakibatkan terhambatnya aliran darah. Kondisi tersebut dapat membuat kaki atau tangan terasa dingin. Kedua, orang yang memiliki riwayat diabetes biasanya mengalami kerusakan saraf kaki, yang menyebabkan kaki terasa dingin hingga mati rasa.

  • Stres


Stres dan cemas yang berlebihan, juga merupakan salah satu penyabab kaki terasa dingin. Hal tersebut merupakan respon alami dari tubuh terhadap stres, karena adrenalin dipompa ke aliran darah. Adrenalin tersebut menyebabkan menyempitnya pembuluh darah dan menurunkan aliran darah ke daerah terluar tubuh.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-miom/

Disqus Comments