Tuesday, March 12, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Asam Urat


Asam urat merupakan penyakit yang membuat sendi terasa nyeri dan menyebabkan peradangan pada sendi. Hal tersebut terjadi karena, kadar purin dalam tubuh menumpuk. Zat purin merupakan protein yang di produksi dalam tubuh dan terdapat dalam beberapa jenis makanan. Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan yang mengandung purin, maka semakin besar juga produksi asam urat dalam tubuh Anda.

Proses terjadinya asam urat adalah, banyaknya kadar purin yang mengalir dalam darah dan akhirnya asam urat berubah menjadi kristal. Menumpuknya kristal asam urat di sekitar sendi dan jaringan lunak menyebabkan rasa linu dan nyeri pada sendi dan otot. Kondisi seperti ini biasanya akan hilang dalam satu hingga dua hari.

Asam urat, umumnya lebih banyak terdapat pada orang dewasa yang berusia 40 - 50 tahun. Akan tetapi, bukan berarti Anda yang berusia sekitar 20 tahun tidak mungkin terkena asam urat. Karena bisa jadi anda pun terkena asam urat akibat pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab asam urat dan cara mengatasinya. Simak ulasan berikut!

Penyebab Asam Urat

· Alkohol
Mengonsumsi alkohol membuat risiko anda terkena asam urat menjadi lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena, alkohol memicu produksi asam urat lebih banyak, sehingga penderita asam urat tidak diperkenankan untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, alkohol juga membuat ginjal bekerja lebih ekstra untuk membuang zat asam dalam tubuh.
· Minuman Bersoda
Selain minuman beralkohol, mengonsumsi minuman yang mengandung soda pun dapat menyebabkan asam urat. Minuman soda juga mengandung gula tambahan yang meningkatkan produksi asam urat. Jika anda terlalu sering mengonsumsi minuman ini, maka asam urat bisa menumpuk dan menjadi kristal, sehingga terjadi peradangan pada sendi.
· Daging
Terlalu banyak mengonsumsi daging, seperti daging ayam, daging sapi dan ikan, ternyata dapat menyebabkan asam urat. Hal tersebut disebabkan karena, daging-daging tersebut mengandung kadar purin yang tinggi.
· Makanan Laut
Sama seperti daging, makanan laut seperti udang, kepiting kerang dan lobster, juga memiliki kadar purin yang tinggi. Sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya asam urat.
· Obesitas
Kelebihan berat badan (obesitas) juga merupakan faktor yang menyebabkan terjadinya asam urat. Kondisi tersebut dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh sehingga ginjal kesulitan untuk membuang zat asam yang terdapat dalam tubuh.

Cara Mengatasi asam urat

Cara mengatasi asam urat ada dua. Yaitu, dengan menggunakan obat - obatan medis dan dengan cara tradisional.

Mengatasi asam urat dengan obat-obatan medis


Berikut ini jenis obat-obatan medis yang dapat meredakan gejala asam urat :
·      Menggunakan obat anti-inflamasi  non steroid yang dapat mengatasi rasa nyeri pada sendi, seperti naproxen, etoricoxib, dan disclofenac.
·      Menggunakan Colchicine untuk mengurangi kekuatan kristal asam urat, yang menyebabkan rasa sakit.
·      Menggunakan kortikosteroid yang langsung disuntikan kedalam otot atau sendi untuk mengatasi peradangan pada sendi.

Mengatasi asam urat dengan cara tradisional

Cara mengatasi gejala asam urat yang paling mudah adalah, dengan beristirahat dan mengompres bagian sendi yang terasa nyeri menggunakan es batu yang telah dibungkus oleh kain atau handuk, lakukan hal tersebut sekitar 20 menit. Disarankan untuk tidak menggunakan es batu tanpa dibungkus, karena akan merusak permukaan kulit Anda.



Disqus Comments