Sunday, March 3, 2019

Mungkinkah Melahirkan Normal Disaat Mengalami Miom?



Melahirkan bayi secara normal merupakan hal yang di inginkan oleh setiap wanita. Akan tetapi beberapa wanita justru mengalami miom di saat kehamilannya. Lantas apakah melahirkan normal saat mengalami miom bisa dilakukan? Simak ulasan serikut untuk mengatahui lebih jelas.

Apa Itu Miom?

Miom atau juga dikenal dengan nama mioma, leiomioma atau fibroid merupakan salah satu kondisi dimana  adanya pertumbuhan sel tumor di area sekitar rahim dan tidak bersifat kanker (tumor ganas). Sel otot rahim tidak tumbuh secara normal sehingga menyebabkan miom dan pada akhirnya membentuk tumor jinak.

Miom pernah dialami oleh hampir seluruh wanita. Akan tetapi terkadang kondisi ini tidak diketahui, karena tidak ada gejala yang dialami.

Baca juga : Tahukah Anda, 3 Gejala Miom Ini Sering Tidak Disadari

Penyebab Terjadinya Miom disaat Hamil


  • Faktor Kehamilan

Produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh meningkat pada saat hamil. Hal inilah yang memicu tumbuhnya miom.

  • Riwayat Keluarga

Jika anggota keluarga anda seperti, ibu, nenek atau saudara perempuan pernah memiliki miom. Maka kemungkinan anda terkena miom juga lebih tinggi

Posisi Miom saat Hamil

Kemungkinan 10% - 30% wanita mengalami miom pada saat hamil. Tumbuhnya miom pada rahim biasanya terdapat di dinding rahim atau bagian luar rahim. Gejala miom yang biasa dialami wanita hamil adalah, nyeri perut, adanya pendarahan ringan dari vagina. Gejala tersebut jarang memengaruhu kondisi janin.

Namu apabila posisi miom berada di rongga rahim ataupun dibawah rahim, anda perlu berhati-hati. Hal tersebut dapat menyebabkan keguguran karena kondisi miom yang mendesak posisi janin. Untuk itu anda perlu memeriksa perkembangan miom anda secara rutin agar hal seperti tersebut dapat di hindari.

Mungkinkah Melahirkan Normal saat Mengalami Miom?

Melahirkan normal pada saat wanita mengalami miom bisa jadi di perbolehkan ataupun tidak. Hal ini tergantung pada hasil USG, apabila miom yang terdapat dalam rahim tidak akan mengganggu proses persalinan bayi secara normal, maka bayi yang anda kandung dapat dilahirkan secara normal. Akan tetapi, sebaliknya apabila miom tersebut dapat mengganggu dan mempersulit proses persalinan normal, maka pilihan yang tepat adalah dengan melakukan operasi caesar.

Itu dia penjelasan mengenai miom disaat hamil. Bagi anda yang mengalami miom disaat hamil, sebaiknya anda jangan terlalu cemas. Anda harus rajin memeriksa perkembangan miom yang anda alami ke dokter, karena dokter akan memberikan solusi dan penanganan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/
Disqus Comments