Thursday, March 21, 2019

Manfaat Kacang Hijau untuk Diet


Pola hidup yang kurang sehat kerap menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan (obesitas). Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurangnya berolahraga menjadi pemicu utama dari obesitas. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah diet. Ya! diet merupakan salah satu cara untuk dapat menurunkan berat badan. Diet bisa dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin dan menjaga asupan makanan. Ada banyak menu diet yang dapat Anda coba, akan tetapi dalam artikel ini, kita hanya akan membahas satu menu diet, yaitu kacang hijau. Mengapa kacang hijau? Hal tersebut disebabkan karena, kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk menurunkan berat badan. Berikut ini manfaat kacang hijau untuk diet :

  • Membantu Menurunkan Berat Badan


Seseorang yang sedang melakukan program diet, harus benar-benar menjaga asupan makanannya. Hal tersebut tak jarang membuat banyak orang tidak sanggup dalam menjalani diet atau bisa disebut "gagal diet", karena tersiksa dan tidak dapat menahan nafsu makannya. Namun Anda tidak perlu khawatir, kacang hiau bisa menjadi solusinya. Kacang hijau mengandung serat yang tinggi, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut dapat menekan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga diet Anda tidak terganggu. Selain itu, kacang hijau juga mengandung lemak sehat yang mampu megurangi kadar kolesterol dalam darah.

  • Membantu Penyerapan Nutrisi


Kekurangan vitamin B menyebabkan waktu pengosongan pada lambung dan usus lebih lambat dua kali lipat. Hal tersebut akan berdampak pada penyerapan nutrisi, sehingga nutrisi tidak terserap dengan baik. Nah, kecambah kacang hijau memiliki enzim yang dapat membantu penyerapan nutrisi pada tubuh, sehingga jika Anda sedang melakukan diet akan tetap mendapat nutrisi yang cukup sekalipun asupan makanan berkurang. Selain itu, kacang hijau juga dapat mencegah terjadinya penumpukan kotoran pada lambung dan usus.

  • Membantu Melancarkan Pencernaan


Masalah pencernaan merupakan hal yang dapat terjadi ketika seseorang sedang melakukan diet. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan makanan dan terbuangnya cadangan makanan dalam tubuh. Kondisi seperti itu, lagi-lagi dapat diatasi dengan mengonsumsi kacang hijau. Kacang hijau dapat membantu organ pencernaan untuk mencerna makanan lebih baik, sehingga proses pembuangan sisa-sisa makanan lancar dan tidak menumpuk di dalam tubuh. Hal ini tentunya akan membantu proses diet Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

  • Menjaga Metabolisme Tubuh


Olahraga merupakan salah satu bagian yang terdapat dalam program diet. Kacang hijau dapat membantu pembentukan energi dalam tubuh yang telah terkuras setelah Anda berolahraga. Selain itu, kacang hhijau juga dapat membantu membentuk sel-sel tubuh sehingga otot akan lebih mudah terbentuk pada saat olahraga.

Baca Juga : Penyebab Pegal Linu dan Cara Mengatasinya

https://lingshenyao.id/makanan-penyebab-kista/
Disqus Comments