Thursday, March 28, 2019

Ini Dia Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol


Manfaat Daun Sirsak untuk KolesterolKolesterol merupakan suatu penyakit yang dialami oleh banyak masyarakat luas, terutama pada mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat. Penyakit ini disebabkan karena tingginya tingkat kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol juga dikenal dengan istilah lipoprotein dalam dunia medis. Pada dasarnya, kolesterol memiliki fungsi yang penting untuk tubuh kita. Hal tersebut disebabkan karena, kolesterol akan dibawa masuk ke dalam darah oleh zat protein yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua baagian, yaitu :

  • Kolesterol Baik

Kolesterol baik merupakan jenis kolesterol (lipoprotein) yang bersifat melindungi. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan zat lipoprotein atau yang dikenal dengan istilah HDL ini,  berfungsi untuk mengembalikan kolesterol-kolesterol dari sel-sel tubuh ke dalam hati. Kolesterol-kolesterol yang masuk ke dalam hati tersebut kemudian akan dihancurkan.

Baca Juga : Herbal Untuk Kolesterol

  • Kolesterol Jahat


Nah, kolesterol inilah yang berbahaya untuk kesehatan jika jumlahnya banyak. Kolesterol jahat atau yang juga dikenal dengan Low Density Lipoprotein (LDL) ini, memiliki fungsi yang berkebalikan dengan kolesterol baik tadi, yaitu membawa kolesterol dari hati menuju sel-sel tubuh yang membutuhkan. Akan tetapi, jika zat tersebut terlalu banyak, maka LDL akan mengendap di bagian dinding arteri, sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Salah satu bahan alami yang dipercaya dan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh adalah daun sirsak. Daun sirsak kerap dijadikan alternatif untuk pengobatan kolesterol tinggi. Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita terutama dalam mengatasi kolesterol tinggi. Dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada daun sirsak, maka kadar kolesterol di dalam tubuh kita akan lebih terkendali.

Cara mengolah daun sirsak untuk menjadi obat penurun kolesterol pun cukup mudah, yaitu :

  • Sediakan beberapa lembar daun sirsak
  • Rebus daun sirsak bersamaan dengan segelas air
  • Tunggu hingga mendidih dan hingga airnya menjadi setengah gelas
  • Dinginkan air rebusan daun sirsak tersebut , lalu minum sehari 2 kali.
Selain dapat mengatasi kolesterol tinggi, daun sirsak juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan tubuh kita. Yaitu melawan kanker, mencegah infeksi, mengontrol diabetes, mengobati penyakit kulit, mrnguatkan liver, meredakan demam, mengatasi asam urat, menjaga sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Disqus Comments