Tuesday, March 5, 2019

4 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil



Buah naga merah merupakan salah satu jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengapa begitu? Hal ini disebabkan karena buah naga merah memiliki berbagai macam nutrisi, seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), protein, karbohidrat, antioksidan, serat dan juga zat besi. Selain itu, buah naga memiliki jumlah asam folat yang berlimpah sehingga buah ini menjadi pilihan yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selain buah bit. Berikut beberapa manfaat buah naga merah untuk ibu hamil, yang perlu anda ketahui.

Baca Juga : Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

  • Sebagai Sumber Karbohidrat


Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Setidaknya 9 sampai 11 porsi makanan yang mengandung karbohidrat harus tercukupi setiap harinya. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi dan baik untuk perkembangan janin. Daging buah naga memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 11 gram atau 62 kal untuk satu kali konsumsi. Anda juga dapat mengonsumsi roti gandum, sereal ataupun nasi sebagai makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat.

  • Sebagai Antioksidan


Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah naga merah, berfungsi untuk melindungi tubuh ibu hamil dari radikal bebas. Sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh, mencegah tumbuhnya sel kanker, menurunkan kadar kolesterol, serta membantu perkembangan otak janin. Beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam buah naga merah adalah, betalain, flavonoid dan hydroxycinnamates.

  • Membantu Pertumbuhan Janin


Kandungan zat besi yang terdapat pada buah naga merah, berperang penting dalam membantu pertumbuhan janin. Selain itu, zat besi juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Ibu hamil setidaknya membutuhkan 27 mg zat besi dalam satu hari. Kekurangan zat besi pada ibu hamil, dapat mengakibatkan bayi lahir secara prematur dan berat badannya rendah.

  • Mencegah Cacatnya Sistem Saraf Otak Janin


Kandungan asam folat tinggi yang terdapat pada buah naga merah, sangat membantu untuk pertumbuhan dan kesehatan janin yang ada di dalam rahim. Asam folat membantu perkembangan sistem saraf tulang belakang pada janin, dan juga mencegah dari cacatnya sistem saraf otak pada bayi.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-payudara/
Disqus Comments