Sunday, March 17, 2019

6 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat


Asam urat merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri pada bagian sendi. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa yang sudah berusia lanjut saja, akan tetapi dapat terjadi pada siapapun tanpa mengenal batasan usia. Penyebab dari asam urat adalah, menumpuknya zat purin pada sendi, sehingga otot menjadi tegang, pegal, ngilu, hingga berujung gangguan ginjal. kandungan zat purin yang tinggi terdapat dalam beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. 

Berikut ini daftar makanan yang berbahaya untuk asam urat :

  • Bayam


Sayuran memang merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan, salah satu jenis sayuran adalah bayam. Bayam sangat berguna untuk membantu pertumbuhan tulang pada anak. Akan tetapi, sayur bayam tidak dianjurkan untuk penderita asam urat. Hal tersebut karena, bayam memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

  • Makanan Laut (Seafood)


Seafood memang makanan yang digemari oleh banyak orang karena rasanya yang lezat dan gurih. Akan tetapi, seafood mengandung kolesterol yang tinggi sehingga tidak baik untuk penderita asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat harus mengurangi atau bahkan menghindari untuk mengonsumsi seafood, karena akan mempengaruhi kondisi adam urat Anda.

  • Durian


Sama seperti seafood, durian juga mengandung tingkat kolesterol yang tinggi sehingga tidak baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Selain itu, durian juga mengandung ethanol, ethyl dan senyawa sulfur yang berbahaya bagi tubuh. Jika Anda sangat ingin untuk mengonsumsi durian, makanlah setidaknya satu atau dua biji saja, kemudian minum air putih yang banyak agar lemak yang terdapat pada durian dapat larut dan terbuang melalui urine.

Baca Juga : Tips Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami

  • Jamur


Jamur memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6 dan B12, zat besi, kalium serta serat yang penting untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, selain mengandung senyawa baik tersebut, jamur juga mengandung zat purin yang tinggi, sehingga makanan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan kerap dijadikan menu diet, lantaran lemak yang terdapat pada kacang-kacangan dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung vitamun C, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E. Akan tetapi, kacang-kacangan juga dapat meningkatkan jumlah purin dalam tubuh, sehingga lagi-lagi tidak dianjurkan untuk penderita asam urat.

  • Daging

Siapa sangka jika makanan lezat yang satu ini menjadi pantangan untuk penderita asam urat. Ya! Daging sapi menjadi makanan selanjutnya yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Meskipun daging sapi merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral, daging sapi juga mengandung zat purin yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk penderita asam urat.

https://lingshenyao.id/mengobati-kista-ovarium/
Disqus Comments