Wednesday, March 13, 2019

Beberapa Makanan Ini dapat Memicu Rematik


Rheumatoid Arthritis atau yang lebih dikenal dengan rematik, merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan peradangan, kekakuan, pembengkakkan dan nyeri pada sendi. Bagian tubuh yang sering terserang rematik adalah, pergelangan tangan, tangan dan kaki. Rematik juga dapat menjalar ke bagian lainnya, seperti pinggul dan lutut. Hal tersebut membuat penderita rematik kesulitan berjalan, membungkuk, berlutut atau bahkan berdiri.

Penderita rematik lebih banyak terdapat pada wanita daripada pria, dan dengan rentang usia 20 sampai 40 tahun. Faktor yang mempengaruhi terjadinya rematik pun bermacam-macam, mulai dari faktor usia, asam urat, osteoporosis, dan juga pengaruh makanan. Apa saja makanan pemicu penyakit rematik

Berikut macam-macam makanan yang dapat memicu terjadinya rematik :

  • Makanan Laut (Seafood)


Seafood merupakan makanan yang digemari oleh banyak orang, karena rasanya yang gurih dan lezat. Namun sangat disayangkan, seafood merupakan makanan yang dapat memicu munculnya gejala rematik dan membuat rematik kambuh, sehingga tidak dianjurkan untuk penderita rematik. Jenis seafood yang harus dihindari adalah udang dan kepiting.

  • Jeroan


Usus, otak, ampela, hati dan jantung merupakan makanan yang berasal dari jeroan hewan. Makanan tersebut memang memiliki cita rasa yang lezat sehingga banyak digemari. Akan tetapi, jeroan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh penerita rematik. Selain itu, jeroan juga tidak bagus untuk kesehatan jantung Anda, dan dapat menyebabkan obesitas serta komplikasi penyakit lainnya.

Baca Juga : Obat untuk Penyakit Asam Urat dan Rematik Secara Alami (Rheumapas)

  • Santan


Santan juga merupakan salah satu pantangan untuk penderita rematik. Santan diketahui memiliki kadar purin yang tinggi dan juga memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Zat purin dapat menyebabkan menumpuknya kristal asam urat sehingga memicu terjadinya rematik. Jadi, sebaiknya makanan yang mengandung santan dihindari oleh penderita rematik dan kolesterol.

  • Daging Merah


Jika anda menderita rematik, anda sebaiknya mengurangi konsumsi daging merah. Hal tersebut disebabkan karena, daging merah mengandung banyak fosfor yang dapat menurunkan jumlah kalsium pada tulang.

  • Sayuran Hijau


Sayuran memang jenis makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, terdapat beberapa jenis sayuran hijau yang harus dihindari oleh penderita rematik, seperti kembang kol, sawi hijau, kangkung dan bayam. Sayuran tersebut memiliki kandungan zat purin yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan nyeri pada sendi.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-miom/

Disqus Comments