Tuesday, March 26, 2019

4 Makanan Pantangan Sakit Encok


Rematik atau yang dikenal dengan penyakit encok, merupakan suatu penyakit yang menyebabkan nyeri, peradangan, pembengkakkan dan kekakuan pada sendi. Bagian sendi yang sering terkena penyakit ini adalah sendi tangan, kaki, dan juga lutut. Meskipun begitu, tak jarang encok juga terjadi pada bagian lain seperti pinggul, yang dapat menyebabkan penderitanya sulit berjalan dan melakukan aktivitas lainnya.

Baca Juga : Sakit Encok Apa Obatnya? Yang Alami dan Ampuh (Jual Obat Encok Rheumapas)

Penyakit encok ini lebih banyak diderita oleh wanita dibandingkan oleh pria, dan dengan rentang usia 20 - 40 tahun. Penyebab penyakit ini pun bermacam-macam, seperti faktor usia, mengonsumsi alkohol, osteoporosis dan juga dapat terjadi akibat dehidrasi. Apabila Anda menderita encok, maka Anda harus menjaga pola makan Anda. Hal tersebut disebabkan karena, rematik memiliki beberapa pantangan makanan yang harus di hindari. Berikut ini, makanan pantangan sakit encok :

  • Santan


Salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit encok adalah makanan yang mengandung santan. Makanan yang diolah dengan menggunakan santan memang memiliki cita rasa yang lezat dan gurih. Akan tetapi, santan mengandung zat purin yang tinggi. Zat purin dapat menaikan kadar asam urat dan menyebabkan terjadinya penumpukan kristal yang membuat sendi terasa nyeri. Selain itu, santan juga memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Maka dari itu, apabila Anda memiliki riwayat encok atau kolesterol lebih baik Anda menghindari konsumsi santan.

  • Jeroan


Makanan yang berasal dari bagian dalam hewan seperti hati, ampela, usus, otak dan jantung, juga merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit encok. Hal tersebut disebabkan karena makanan-makanan tersebut dapat memicu kambuhnya nyeri sendi yang disebabkan oleh naiknya kadar asam urat dalam tubuh. Tidak hanya dapat menyebabkan nyeri sendi, jeroan juga dapat memicu penyakit lain seperti jantung, obesitas dan hipertensi serta menimbulkan penyakit komplikasi lainnya.

  • Daging Merah


Daging merah seperti daging kambing dan daging sapi memang merupakan sumber protein. Akan tetapi makanan tersebut juga merupakan salah satu yang harus dihindari oleh penderita penyakit encok. Hal tersebut disebabkan  karena, tingginya kandungan zat purin yang terdapat pada daging merah. Selain itu, daging merah juga harus dihindari oleh penderita kolesterol dan hipertensi.

  • Seafood


Seafood atau makanan laut merupakan makanan yang digemari oleh banyak orang. Namun, ada beberapa jenis seafood yang tidak dianjurkan untuk penderita encok. Antara lain, lobster, udang, kepiting, ikan teri, ikan sarden, ikan makarel dan ikan salmon.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kanker-herbal-ling-shen-yao/
Disqus Comments