Wednesday, March 20, 2019

Cegah Datangnya Asam Urat dengan Cara Ini


Asam urat merupakan sejenis penyakit yang menyerang area sendi. Penderita asam urat kerap merasakan nyeri hingga mengalami bengkak pada sendi. Hal tersebut disebabkan karena menumpuknya zat purin didalam tubuh, sehingga berubah menjadi kristal asam urat dan menyebabkan nyeri pada sendi. Tingginya kadar purin dalam tubuh merupakan pemicu utama terjadinya gejala asam urat. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena asupan makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti jeroan, seafood, daging merah, kacang-kacangan, eskrim dan masih banyak lagi.

Penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Akan tetapi, penderita asam urat dapat meringankan dan mencegah datangnya gejala asam urat. Selain mengandalkan obat-obatan dari dokter, Anda dapat melakukan pencegahan asam urat dengan cara ini :

  • Olahraga Secara Teratur


Pencegahan asam urat yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah, olahraga secara teratur. Dengan rutinnya berolahraga (setidaknya 30 menit dalam sehari) dipercaya dapat meringankan gejala asam urat dan mencegahnya agar tidak kambuh. Olahraga membuat sendi-sendi Anda terlatih, sehingga dapat mencegah datangnya nyeri sendi yang sering mendatangi penderita asam urat.

  • Jaga Berat Badan


Selain untuk memperindah penampilan, menjaga berat badan juga penting untuk orang dengan kondisi tertentu seperti penderita asam urat. Faktanya orang dengan berat badan berlebih (obesitas), memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami asam urat tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal. 

Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, konsumsilah makanan yang mengandung sumber karbohidrat komplek, seperti buah-buahan, sayuran dan gandum utuh. Hindari makanan yang terlalu manis dan mengandung lemak jenuh tinggi. Selain itu, hindari juga konsumsi susu yang mengandung lemak tinggi.

Pilihlah daging tanpa lemak, ikan dan unggas sebagai makanan sumber protein. Selain itu, minuman seperti yoghurt, dan susu rendah lemak juga dapat Anda tambahkan sebagai sumber protein. Ingat! asam urat akan semakin tinggi ketika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi purin dan terlalu manis (mengandung pemanis buatan).

  • Minum Air Putih yang Banyak


Air putih merupakan minuman yang paling tepat untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Daripada mengonsumsi minuman beralkohol atau minuman-minuman berasa yang dapat menaikan kadar asam urat, lebih baik Anda mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak dalam sehari. Dengan meminum, setidaknya 8 gelas air putih per hari akan membantu melarutkan dan membuang zat yang tidak terpakai didalam tubuh. Beberapa ahli bakan percaya, jika air putih dapat membantu pembuangan zat asam urat didalam tubuh. Selain mengonsumsi air putih secara langsung, Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung cairan tinggi seperti semangka.

  • Periksa Kadar Asam Urat


Untuk memeriksa kadar asam urat yang terdapat dalam tubuh, hal yang harus Anda miliki adalah alat tes asam urat. Saat ini, alat tersebut sudah bisa dimiliki secara pribadi oleh penderita asam urat. Bentuk dari alat tersebut hampir mirip dengan alat tes gula darah. Dengan alat tersebut, Anda bisa selalu memantau kadar asam urat Anda. Kadar asam urat yang normal pada wanita adalah 6 mg/dL, sedangkan pada pria adalah dibawah 7 mg/dL.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gejala Penyakit Asam Urat yang Efektif (Rheumapas)

https://lingshenyao.id/obat-miom-herbal/
Disqus Comments