Tuesday, March 19, 2019

Bolehkah Penderita Asam Urat Mengonsumsi Mie Ayam?


Bolehkah penderita asam urat makan mie ayam? Jika berbicara tentang mie, maka hal pertama yang terlintas dalam benak kita adalah mie instan. Bagaimana tidak? Mie instan asal Indonesia telah dikenal di manca negara karena kelezatannya sehingga membuat kita semua ingin selalu menikmatinya sesering mungkin. Namun, sudah menjadi rahasia umum juga bahwa, mie instan merupakan makanan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk penderita asam urat.

Asam urat disebabkan oleh makanan yang mengandung purin tinggi seperti, jeroan, seafood, daging merah, santan, bayam, kembang kol dan juga durian. Mie instan memang tidak mengandung zat purin yang tinggi sebagaimanan makanan-makanan yang telah disebutkan tadi. Akan tetapi, mie instan mengandung banyak garam, MSG dan pengawet. Mie instan juga rendah nutrisi seperti serat dan protein. Sehingga apabila dikonsumsi oleh penderita asam urat, dapat merusak sistem metabolisme di dalam tubuh. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya proses peluruhan dan pengeluaran zat purin, sehingga zat purin terus menumpuk di dalam tubuh dan membuat gejala asam urat menjadi lebih parah.

Itulah buruknya mie instan untuk penderita asam urat. Lantas bagaimanakah dengan mie ayam? Mie ayam, biasanya terbuat dari mie basah yang tentunya tidak mengandung pengawet. Selain itu, mie ayam pun biasanya di tambahi dengan daging ayam dan sayuran (seperti sawi dan daun bawang) yang bernutrisi untuk tubuh. Maka dari itu, bagi Anda semua khususnya penderita asam urat, Anda tidak perlu cemas, karena mie ayam tidak berdampak buruk untuk kesehatan. Asalkan, mie ayam yang dikonsumsi berkualitas dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga : Tips Mengobati Penyakit Asam Urat secara Alami

Selain mie ayam, berikut macam-macam makanan yang boleh dikonsumsi untuk penderita asam urat :

  • Buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga mengandung banyak cairan. Selain itu, buah-buahan juga tidak mengandung purin yang tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi penderita asam urat.

  • Wortel

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A-nya yang baik untuk mata. Selain itu, wortel masih memiliki banyak sekali nutrisi, seperti vitamin B8, vitamin C dan vitamin K dan mineral, seperti asam folat, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, dan zat besi. Wortel juga merupakan sayuran yang tidak mengandung zat purin sehingga baik untuk dikonsumsi penderita asam urat.

  • Tomat

Kandungan pada tomat hampir sama seperti kandungan pada wortel dengan tambahan vitamin B6, thiamin dan juga kalium. Selain itu, tomat juga tidak mengandung zat purin sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

  • Susu rendah lemak

Susu rendah lemak sangat bermanfaat untuk penderita asam urat. Selain dapat menjaga kesehatan tulang, susu rendah lemak memiliki berbagi sumber nutrisi seperti kalsium, magnesium, mangan dan zat besi.

  • Kentang

Kentang mengandung sumber mineral, seperti kalium, fosfor, selenium, zat besi dan magnesium yang dapat menjaga kesehatan tulang, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

  • Daging bebek

Penderita asam urat memang tidak dianjurkan untuk mengondumsi daging sapi. Maka dari itu, Anda dapat mengganti daging sapi dengan daging bebek sebagai sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Daging ayam

Selain daging bebek, daging ayam juga dapat Anda konsumsi sebagai makanan pengganti daging sapi.


Selain itu penderita asam urat harus senantiasa melakukan olahraga secara teratur dan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-miom/

Disqus Comments