Wednesday, February 27, 2019

Ini Dia Bedanya Usia Kehamilan dengan Usia Janin



Dapatkah anda membedakan usia janin dan usia kehamilan? Apabila anda ditanya mengenai usia kehamilan, anda kemungkinan dengan mudahnya menjawab 4 bulan, 7 bulan atau 8 bulan sesuai dengan kondisi kehamilan anda. Namun, tahukah anda bahwa usia kehamilan berbeda dengan usia janin? Jika usia kehamilan anda 3 bulan, maka belum tentu janin yang anda kandung juga berusia 3 bulan. Mengapa begitu? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga : Tips Mempercepat Proses Kehamilan

Usia Kehamilan

Usia kehamilan merupakan jangka waktu yang sesuai dengan kondisi kehamilan seseorang. Jika ditanya mengenai usia kandungan, biasanya anda menjawab dengan bulan keberapa kondisi kehamilan anda. Usia kehamilan juga dapat disebut dengan gestational age.

Perhitungan kehamilan, dimulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT) anda. Meskipun sebenarnya belum ada perkembangan janin. HPHT menggambarkan kapan dimulainya kehamilan, dan biasanya dihitung dalam jumlah mingguan.

Usia Janin

Usia janin dapat disebut dengan conceptional age. Usia janin mulaidihitung dari awal pembuahan sel telur dan sel sperma yang terjadi didalam rahim.Namun, kita tidak pernah tahu pasti kapan terjadinya pembuahan sel telur dan sel sperma tersebut, sehingga cukup sulit untuk menghitung usia janin. Kecuali jika anda melakukan proses bayi tabung, proses pembuhan sel telur dan sel sperma dalam proses bayi tabung dapat dilihat dengan jelas oleh dokter. Akan tetapi pada kehamilan alami, dokter hanya bisa mengetahui usia kehamilan.

Membedakan Lebih Besar Usia Kehamilan atau Usia Janin

  • Jika Usia Kehamilan Lebih Besar dari Usia Janin

Usia janin yang lebih kecil dapat mengganggu pertumbuhan janin didalam rahim. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik, dimana orang tua janin memiliki badan yang kecil sehingga menurun ke janin yang sedang dikandung. Usia kehamilan yang lebih besar dari usia janin dapat mengakibatkan bayi kekurangan oksigen dan nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh dan berkembang di dalam rahim.

  • Jika Usia Janin Lebih Besar dari Usia Kehamilan

Dalam kasus ini, anda dapat melihat apakah berat janin yang dikandung lebih besar dari berat normal? Jika iya, artinya usia janin lebih besar dari usia kehamilan. Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh faktor genetik yang berkebalikan dengan sebelumnya yaitu, orang tua dari janin yang dikandung memiliki badan yang besar. Tidak hannya itu, hal ini juga dapat disebabkan karena kenaikan berat badan dan juga karena penyakit diabetes gestasional yang dialami sang ibu selama masa kehamilan.

Kadar gula darah dalam tubuh sang ibu, akan mengalir ke janin. Sehingga produksi insulin dalam tubuh janin meningkat dan menyebabkan janin tumbuh lebih besar daripada yang seharusnya.

https://lingshenyao.id/penyebab-penyakit-kista/
Disqus Comments