Wednesday, February 20, 2019

Beberapa Penyebab Kanker pada Mulut Rahim


Kanker serviks atau bisa disebut juga kanker mulut atau leher rahim, adalah salah satu jenis kanker yang berkembang di mulut rahim. Kanker serviks banyak menyerang wanita berusia 30 hingga 45 tahun, sedangkan pada wanita usia dibawah 25 tahun jarang terjadi.
Kanker yang menyerang mulut rahim ini sebagian besar disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus. Meski mudah disembuhkan pada stadium awal, gejala-gejala kanker serviks tidak mudah dikenali. Untuk menghindar dari bahayanya kanker ini, lebih baik anda mengenali penyebab kanker mulut rahim berikut ini :

  • Infeksi Human Papiloma Virus

HPV merupakan jenis virus yang menular ketika melakukan hubungan seksual, baik melalui oral, anal ataupun vagina. Infeksi virus ini menyerang organ genital wanita sehingga terjadi kanker. Terdapat lebih dari 100 jenis virus HPV. Diantara semua jenis virus ini, HPV 16 dan HPV 18 adalah penyebab utama yang menyebabkan kanker serviks. Hampir seluruh penderita kanker serviks mengalami infeksi dari virus HPV ini.
Oleh karena itu, untuk mencegah tertularnya virus ini, gunakanlah Pengaman ketika hendak melakukan hubungan seksual. Selain itu, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan jarum suntik bekas.

  • Sering Gonta-Ganti Pasangan

Seringnya bergonta-ganti pasangan memperbesar risiko tertularnya virus HPV dan terserang kanker serviks. Seperti yang telah di ketahui kanker serviks sebgaian besar disebabkan oleh infeksi virus HPV dan penyebabnya adalah tertular ketika melakukan hubungan seksual. Maka dari itu anda cukup setia pada satu pasangan saja.

  • Penggunaan Pil KB

Penggunaan pil KB dalam jangka dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker serviks. Hal ini disebabkan karena menggunakan pil KB dalam jangka panjang akan berpengaruh pada kesehatan leher rahim. Risiko terkenanya kanker serviks ini akan menurun apabila konsumsi pil KB dihentikan. Maka dari itu pilih pil KB yang aman untuk organ reproduksi dan sebaiknya gunakan alternatif lain selain pil KB sebagai alat kontrasepsi

  • Merokok

Wanita yang merokok memiliki risiko yang lebih tinggi terserang kanker serviks. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?. Kandungan zat adiktif dalam rokok lah yang menjadi pemicu utama tumbuhnya kanker. Selain itu kandungan tembakau pada rokok juga menyebabkan tumbuhnya kanker pada leher rahim. Maka dari itu, jika anda wanita yang menyayangi kesehatan tubuh anda khususnya rahim, hindari merokok demi kesehatan tubuh anda.

  • Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan, tidak hanya perpengaruh pada kesehatan jantung dan paru-paru. Wanita yang kelebihan berat badan memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena kanker serviks. Maka dari itu, jaga tubuh anda dengan menerapkan pola hidup sehat agar tetap ideal.
Disqus Comments