Thursday, February 21, 2019

Khasiat Kandungan Buah Ciplukan Untuk Kesehatan



Physialis Peruviana atau yang lebih dikenal dengan ciplukan merupakan buah dari tanaman yang sering disebut juga golden berry, morel berry atau goose cape berry. Buah ini memiliki bentuk yang unik, karena dibungkus dengan sesuatu yang membentuk kuntum bunga, dan didalamnya terdapat daging buah dan biji yang berwarna kuning terang.

Ketika masih muda atau mentah buah ciplukan ini memiliki warna hijau, sedangkan ketika sudah matang, buah ciplukan berubah menjadi warna kuning keemasan disertai banyaknya biji kecil didalamnya, daging buah menjadi mengkilap dan teksturnya halus.

Buah ini biasanya dijadikan camilan maupun selai. Namun ternyata, buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini akan membahas manfaat dan kandungan buah ciplukan :

  • Kaya akan Antioksidan


Antioksidan merupakan suatu zat yang sangat berguna bagi tubuh. Zat ini mampu memperbaiki kerusakkan sel-sel yang terdapat dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Efek dari radikal bebas biasa berupa penuaan dini, kanker dan penyakit kronis.

Berdasarkan sebuah penelitian, buah ciplukan memiliki antikanker yang sayang untuk dilewatkan. Buah ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi, salah satunya adalah fenolik yang berfungsi melawan perkembangan sel kanker usus besar dan juga kanker payudara. 

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh buah ciplukan diperkirakan mencapai tiga kali lipat dibandingkan dengan buah lainnya.

Baca Juga : Sembuh dari Kanker Payudara tanpa Operasi

  • Kaya akan Vitamin K


Kandungan vitamin K yang tinggi pada buah ini, berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, buah ini dapat juga menjaga kesehatan kulit, menjaga tekanan darah agar tetap normal serta berpotensi untuk menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung koroner.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Buah ciplukan dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena, buah ciplukan memiliki kandungan senyawa polifenol. Senyawa polifenol merupakan senyawa antioksidan yang menghalangi pelepasan penanda sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin c pada buah ciplukan pun cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh.

  • Meningkatkan Fungsi Mata


Buah ciplukan memiliki kandungan zat lutelin, karotenoid dan beta karoten yang bermanfaat untuk menghindarkan diri dari degenerasi makula. Degenerasi makula sendiri merupakan penyebab utama kebutaan pada orang berusia lanjut. Selain itu, zat karotenoid lutein dapat menurunkan risiko penyakit mata akibat komplikasi diabetes.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kanker-rahim/
Disqus Comments