Monday, February 25, 2019

Kolesterol Tinggi? Hindari Konsumsi Makanan-makanan Ini

Kolesterol tinggi tentunya tidak bisa dianggap remeh. Tumpukan lemak ini akan mengendap pada dinding arteri jika dibiarkan terus menerus, sehingga menghambat aliran darah pada jantung, otak dan bagian tubuh lainnya. Jika hal itu terjadi, maka akan meningkatkan risiko serangan jantung maupun stroke.

Salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi adalah makanan yang tidak sehat. Maka dari itu, anda harus menjaga pola makan anda untuk menghindari terjadinya kolesterol tinggi. Apa saja makanan pemicu kolesterol? Simak ulasan berikut!

  • Kuning Telur


Kuning telur merupakan bagian pada telur yang menjadi favorit banyak orang. Namun nyatanya, kuning telur mengandung 210 mg kolesterol. Kandungan kolesterol pada kuning telur memang cukup tinggi. Akan tetapi, mengonsumsi empat butir kuning telur dalam seminggu dapat meringankan risiko penyakit jantung. Intinya anda boleh memakan kuning telur, tapi jangan berlebihan karena dapat menaikkan kolesterol.

  • Gorengan


Kandungan lemak jahat yang berasal dari minyak akan sangat mempengaruhi naiknya kolesterol. Warna kuning kecoklatan pada makanan yang digoreang (terutama jika anda membelinya disembarang tempat) berasal dari minyak yang kotor dan kerap digunakan terus menerus tanpa diganti. Hal ini tentunya membuat lemak dalam tubuh menumpuk dan akan menyebabkan kolesterol tinggi.

Baca Juga : Makanan Penurun Kolesterol

  • Makanan dari Santan


Dalam satu cangkir santan, dipercaya memiliki 2,5 kali lemak jenuh yang lebih besar dari batas anjuran konsumsi seharinya. Lemak jenuh yang terdapat dalam santan dapat meningkatkan kolesterol. Maka dari itu anda perlu membatasi konsumsi santan agar tidak berlebih dan tidak menaikkan kolesterol.

  • Makanan Cepat Saji (Junk Food)


Ayam goreng, burger, pizza dan kentang goreng merupakan beberapa jenis makanan cepat saji atau yang biasa disebut junk food. Makanan ini memang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Namun, makanan ini bisa membuat badan menjadi gemuk. Selain itu, asam lemak jenuh yang terdapat didalam makanan tersebut dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Maka dari itu, jika anda sedang mencari makan diluar rumah, pilihlah restoran yang menyediakan makanan sehat dan rendah lemak.

  • Eskrim


Bagi anda penggemar eskrim, anda harus mengurangi konsumsi eskrim mulai dari sekarang. Kandungan lemak jenuh dalam setiap cup eskrim ternyata jauh lebih banyak dibandingkan dengan kandungan lemak jenuh dalam burger dan juga memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan 10 keping donat. Maka dari itu anda harus mulai mempertimbangkan untuk mengganti eskrim dengan makanan yang lebih sehat sebagai hidangan penutup.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kanker/
Disqus Comments