Tuesday, February 26, 2019

Pengertian Tukak Lambung Beserta Gejala-Gejalanya



Apa itu tukak lambung? Tukak lambung atau yang memiliki nama latin peptic ulcer, merupakan peradangan atau luka yang berkembang pada lapisan lambung atau usus dua belas jari. Luka ini terjadi ketika lapisan lambung dan membran usus dua belas jari tertusuk mengenai jaringan tubuh yang lebih dalam. Penyebab utama terjadinya tukak lambung adalah infeksi bakteri. Selain itu tukak lambung juga dapat terjadi pada daerah yang mengandung asam atau enzim

Sebelum tukak lambung semakin parah, ada baiknya anda segera melakukan perawatan. Untuk mengetahui anda terkena tukak lambung atau tidak, kenaligejala-gejala tukak lambung berikut :

Baca Juga : Asam Lambung Meningkat Akibat Minum Susu ?! (Ini Penjelasannya)

  • Sakit Perut


Gejala tukak lambung yang paling dasar adalah sakit perut. Sakit perut yang dirasakan, biasanya terjadi didaerah antara tulang dada dan pusar. Rasa sakit yang dirasakan juga tidak akan berlangsung lama akan tetapi sering terjadi. Terutama pada saat perut dalam keadaan kosong, rasa sakit akan menjadi lebih parah dan akan mereda ketika anda mengonsumsi makanan tertentu. Jika anda merasakan hal seperti yang disebutkan tadi, maka ada kemungkinan anda terkena tukak lambung

  • Mual dan Muntah


Mual dan muntah juga bisa jadi merupakan gejala dari tukak lambung. Hal ini disebabkan karena tidak seimbangnya cairan pada lambung. Jika keadaannya sudah parah, penderita tukak lambung bisa mengalami muntah darah. Jika hal tersebut terjadi anda harus segara periksa ke dokter agar dapat ditangani dengan cepat.

  • Warna Kotoran Berbeda


Anda dapat mendeteksi adanya gangguan pencernaan melalui warna kotoran, begitupun dengan tukak lambung. Biasanya warna kotoran akan berubah menjadi gelap ketika tukak lambung yang anda derita sudah semakin parah. Bahkan sampai terdapat darah yang tercampur pada kotoran anda.

  • Nafsu Makan Menurun


Luka yang terdapat pada lambung menyebabkan rasa perih pada perut dan mengakibatkan perut kembung. Sehingga rasanya tidak ingin makan karena perut selalu terasa kenyang. Hal ini tentunya akan mengganggu kesehatan tubuh anda karena tidak ada asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh.

  • Produksi Air Liur Berlebih


Produksi air liur akan meningkat ketika lambung terluka. Jika hal ini terjadi disertai rasa tidak nyaman di perut, maka kemungkinan anda mengalami gejala tukak lambung. Gejala ini biasanya dialami oleh seluruh penderita tukak lambung. Air liur sendiri berfungsi untuk membersihkan mulut kita dari kuman dan sisa-sisa makanan.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/
Disqus Comments